Rabu, 08 Februari 2012

Tips Mengajar Anak Berpikir Kritis??


Mengajar anak berpikir kritis itu susah-susah gampang. namun bagi yang tahu tipsnya persoalan itu akan menjadi mudah. sebenarbnya ketika anak mulai belajar berbicara, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan anak. namun sayangnya kadangkala bahkan mungkin sering orang tua malah mematahkan pertanyaan tersebut. sebagai contoh ketika anak bertanya ini itu di mall atau dimana saja, kadang orang tua risih dan berkata : hus diam, tanya-tanya terus, malu atuh.


perbuatan orang tua seperti itu secara tidak langsung akan membuat anak malas bertanya dan akhirnya anak yang tadinya kritis malah sebaliknya. padahal anak dituntut untuk menjadi kritis terhadap sesuatu yang terjadi dilingkungan disekitarnya.
oke mulai sekarang bagi orang tua tinggalkan melemahkan kekritisan anak ketika bertanya. sekarang mulailah membangkitkan kembali kekritisan anak kita. lalu bagaimana cara mengajari anak berpikir kritis? dan mulai usia berapa bisa diterapkan?

menurut Bagus Takwin, pengajar Fakultas Psikologi UI, berpikir kritis bisa diajarkan ke anak sejak usia 4-6 tahun. caranya adalah sebagai berikut :
1. belajar dari observasi
misalnya, minta anak mengamati teman-teman sebaya mereka. lalu anak diminta menjawab pertanyaan, seperti : mengapa kamu berteman dengan mereka, apa persamaan kamu dengan mereka, apa perbedaannya, apa yang kamu dapat dari mereka, mengapa kamu berteman dengan mereka, mengapa orang perlu teman, dll.
2. Belajar dari pengandaian
misalnya anak diminta untuk membayangkan apa yang terjadi jika tidak ada air, atau tidak ada cahaya, tidak ada kendaraan, tidak punya orang tua, dll.
3. Belajar tentang kemungkinan-kemungkinan baru
contohnya, minta buah hati mencari cara lain untuk menulis selain pulpen atau pensil. atau minta anak mencari kegunaan lain dari suatu benda.
4. Belajar menemukan kesalahan
contoh : tunjukkan anak benda tertentu yang kurang lengkap, lalu minta ia menemukan lima kesalahan dari gambar itu.
5. Melengkapi cerita
paparkan pada anak suatu cerita yang tidak lengkap. anak diminta untuk menemukan bagian cerita yang hilang atau tidak lengkap tadi dan minta melengkapinya. cerita bisa berupa teks atau bergambar.
itulah beberapa tips mengajari anak berpikir kritis yang bisa kita coba. jika kita konsisten mengajarkan dan melatih anak kita, insyaAllah anak kita akan menjadi anak yang kritis.
selamat mencoba dan semoga sukses dunia akhirat.
sumber : majalah ummi edisi no.2/XXII/Juni 2010/1431 H.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to Al-Ausath Digital Network and Enjoy it!!!

DOWNLOAD MARS NIHAIE 2010

Wah skarang niha'i 2010 ada Mars nya & Videonya.. yang mau bisa di download disini lo??? belom tau kan?? tinggal klik bagi yang mau download yang gak ya gak usah gak papa, tapi bagus lo, klo di dengerin tu bikin terkenang ma pondok juga ma temen temn ntar klo kita pas Niha'i.... nie link Downloadnya:
Download Mars Nihai 2010 (Inspirasi Tertindaz)
klo ini link untuk Download Videonya:
Download Videonya