Minggu, 13 Juni 2010

Bekal Hidup Setelah di Dunia


Hari berganti melewati waktu. Bak lilin menyala; bertambah pendek, bertambah usia kita; redup cahayanya, kita mati. Kita yakin bahwa ada hidup setelah mati di alam akhirat. Di dunia saat ini, kita hidup hanya puluhan tahun saja, tapi di akhirat tak terhingga waktu. Di alam setelah dunia ini, kita akan memetik buah hasil amal perbuatan kita. Semakin banyak amal shalih, buahnya manis. Tanpa amal shalih, balasannya pun setimpal. Tulisan ini terinspirasi dari buku "Ammin Mustaqbalak" karya Abdul Lathif Al-Ghamdi. Semoga bermanfaat.

Dimana Sebenarnya Masa Depan Kita?
Dari Ibn Umar menceritakan bahwa Rasulullah saw memegang bahuku, kemudian beliau saw bersabda: "Jadilah di dunia seakan-akan kamu orang asing atau orang yang sedang menyeberang jalan." (HR. Tirmidzi)

Masa depan hakiki yang tidak dapat kita hindari adalah kematian. Namun, kematian bukanlah akhir dari perjalanan manusia. Dari kematian kemudian dibangkitkan di alam yang berbeda dengan dunia, di mana manusia akan dikelompokkan menjadi dua golongan besar; penduduk surga (ahlu jannah) dan penduduk neraka (ahlu naar). Apakah yang kita cita-citakan, menjadi ahlu jannah atau ahlu naar? Kita selalu saja mengharapkan surga, tempat di mana disediakan segala kenikmatan, keindahan, dan kebahagiaan sejati. Cita-cita meraih tempat inilah yang disebut kesuksesan sejati dari hidup di dunia.

Firman Allah swt: "Tidaklah sama penghuni-penghuni neraka dengan penghuni-penghuni jannah; penghuni-penghuni jannah itulah orang-orang yang beruntung." (QS. Al-Hasyr: 20)

Sahabat Sejati
Hanya ada satu sahabat sejati yang akan setia menemani kita hingga ke dalam lubang kubur yang gelap sekalipun. Sahabat ini tidak akan pernah meninggalkan dan mengkhianati kita, selalu setia dan mengiringi kita. Dialah amal shalih yang kita kerjakan selama hidup di dunia. Dan sering kali sahabat sejati ini kita remehkan, kita lebih mementingkan selainnya yang tidak dapat membantu ketika dalam alam kubur.

Dari Anas ra, bersabda Rasulullah saw: "Ada tiga sahabat akrab, sahabat yang pertama mengatakan 'aku bersamamu hingga kau mendatangi pintu Penguasa alam, kemudian aku kembali dan meninggalkanmu'. Mereka itu adalah keluarga dan kerabatmu. Mereka mengantarkanmu hingga ke kuburanmu, kemudian kembali dan meninggalkanmu. Adapun sahabat yang mengatakan kepadamu 'milikmu apa saja yang kau berikan, dan apa yang kau genggam bukanlah milikmu.' Sahabat ini adalah hartamu. Sedangkan sahabat yang mengatakan 'aku bersamamu ke mana saja kau masuk dan keluar.' Inilah dia amal perbuatanmu. Maka berkata (orang yang meninggal) 'demi Allah, sungguh aku telah meremehkanmu dari yang lainnya." (HR. al-Hakim)

Amal Shalih yang Tidak Akan Terputus
Ada beberapa amal shalih yang terus berkesinambung menambah kebaikan meski kita telah meninggal dunia. Amal ini tetap hidup dan mengalir ke akhirat. Dan yang luar biasa, apa yang kita tanam dari kebaikan selama hidup akan kita petik hasilnya berlipat-lipat di akhirat kelak. Di antara amal shalih yang tidak akan terputus adalah amal sedakah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang berdoa untuk orang tuanya yang meninggal.

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw bersabda: "Jika anak Adam meninggal, terputus semua amalannya kecuali tiga perkara; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakan yang meninggal." (HR. Muslim)

Jumhur ulama membagi amal shalih selama hidup dalam dua kelompok, pertama, amal jasmani di antaranya shalat, puasa, dan membaca al-Qur`an. Dan kedua, amal harta, di antaranya sedekah, membayar denda atas larangan (kafarat), dan membelanjakan hartanya untuk membela agama. Sedangkan berhaji merupakan amalan yang terkandung dua jenis amal shalih di atas.

Semoga kita bisa mengerjakan amal shalih sebanyak yang dapat kita kerjakan sebelum ajal menjemput kita, amin ya Rabbal 'alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to Al-Ausath Digital Network and Enjoy it!!!

DOWNLOAD MARS NIHAIE 2010

Wah skarang niha'i 2010 ada Mars nya & Videonya.. yang mau bisa di download disini lo??? belom tau kan?? tinggal klik bagi yang mau download yang gak ya gak usah gak papa, tapi bagus lo, klo di dengerin tu bikin terkenang ma pondok juga ma temen temn ntar klo kita pas Niha'i.... nie link Downloadnya:
Download Mars Nihai 2010 (Inspirasi Tertindaz)
klo ini link untuk Download Videonya:
Download Videonya